Selasa, 08 November 2011

Seminar Gizi Nasional (SENZASIONAL) 2001


SENZASIONAL 2011 merupakan seminar ilmiah nasional bidang gizi yang dilaksanakan untuk memberikan  wawasan mengenai pentingnya sarapan dan jajanan yang aman, sehat dan bergizi bagi kesehatan dan kecerdasan anak. Seminar ini terdiri dari 3 topik utama dengan 3 pembicara yang ahli di bidangnya. yaitu:
1.        Topik 1(Bukti ilmiah manfaat sarapan bagi kecerdasan & kesehatan anak)
Pembicara: Dr. dr. Hartono Gunardi, Sp. A
Sesi ini membahas mengenai gambaran umum kebiasaan sarapan masyarakat Indonesia, isu-isu terkait sarapan di kalangan masyarakat Indonesia, kebiasaan sarapan sehat untuk mencapai gizi seimbang, manfaat dan peran sarapan bagi kecerdasan dan kesehatan anak, serta bukti-bukti ilmiah yang terkait hal-hal tersebut.
2.      Topik 2(Sarapan dan jajanan yang aman bagi anak sekolah dan upaya mewujudkannya) Pembicara: Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS
Sesi ini membahas mengenai kriteria sarapan dan jajanan yang aman bagi anak sekolah, segi keamanan dari jajanan yang beredar di kantin-kantin sekolah, peran serta pihak-pihak terkait dalam upaya mewujudkan sarapan dan jajanan yanng aman dan sehat.
3.      Topik 3(Susu dan Sereal sebagai salah satu alternatif sarapan sehat)
Pembicara: Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS
Sesi ini membahas mengenai menu sarapan yang sesuai prinsip gizi seimbang, perbedaan menu sarapan yang sesuai dengan prinsip gizi seimbang dan tidak, danberbagai alternatif menu sarapan yang umum diberikan pada anak-anak.
Selain itu, seminar ini menghadirkan dua pembicara untuk sambutan pengantar (keynotespeaker) yaitu: 
  • Kepala Badan POM RI (Dra. Kustantinah, Apt,M.App.Sc) “Keamanan pangan di kantin sekolah”.
  • Direktur Pendidikan Dasar Nasional (Prof. Suyanto, Ph. D) “Program Pemerintah terkait Penyelenggaraan Kantin sekolah yang aman, sehat, dan bergizi”.


4. Hiburan
Hiburan yang disajikan dalam seminar ini berupa tari daerah khas pulau Dewata Bali, tari Saman khas Aceh dan Gizi Perkusi. Semua hiburan ini adalah kreativitas dari mahasiswa program studi Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.
5. Games
Games akan dilakukan setelah sesi seminar berakhir. Terdapat dua jenis permainan yang akan dilakukan. Permainan yang pertama, akan diminta 5 orang peserta untuk maju ke depan. Masing-masing peserta diminta untuk mempromosikan pentingnya sarapan dengan gaya artis tertentu. Pilihan gaya artis yang akan diperagakan ditentukan oleh panitia melalui undian. Setiap peserta diberi waktu 1 menit untuk mempromosikan pentingnya sarapan. Peserta dengan gaya termirip dan cara promosi terbaik dinyatakan sebagai pemenang dan akan mendapatkan hadiah, sedangkan 4 peserta lainnya mendapatkan souvenir/hadiah hiburan. Pada permainan yang kedua, diminta 3 orang peserta untuk maju ke depan. MC/pemandu games akan menyebutkan salah satu zat gizi dan peserta harus menyebutkan jenis bahan pangan yang mengandung zat gizi tersebut. Tanya jawab ini dilakukan secara cepat dan berulang kali selama 1 menit. Peserta yang berhasil menyebutkan bahan pangan dengan benar dan terbanyak dinyatakan sebagai pemenang. Pemenang akan mendapatkan hadiah, sedangkan 2 peserta lainnya mendapatkan souvenir.

Kegiatan SENZASIONAL 2011 akan dilaksanakan pada :
Hari, Tanggal : Minggu, 18 Desember 2011
Waktu              : 8.30- 13.15 WIB
Tempat            : Convention Center – Hotel Braja Mustika
                           Jl. Dr. Semeru Komplek Villa Bogor Golf, Bogor 16111

0 komentar:

Poskan Komentar